Mengenal Teknologi Yamaha R15 V3

grosirproductchina.co.id – Yamaha Indonesia telah mendesain ulang penampilan dan kemampuan keseluruhan mesin All New R15. Bodinya memiliki Supersportmotorräder, kurva tajam, yang didasarkan pada bentuk Yamaha R6.

Yamaha All New R15 mempertahankan sasis Deltabox, tetapi memiliki konfigurasi yang berbeda dari generasi sebelumnya. Roda keseimbangan aluminium digunakan untuk mendukung stabilitas mesin, terutama dalam kondisi penggunaan yang intens.

Di bidang mekanika mesin overhead cam single heart (SOHC)

dipilih yang didukung oleh teknologi VVA untuk mencapai kinerja yang seimbang di putaran mesin atas dan bawah. Throttle body R15 baru lebih besar (30 mm) dari sebelumnya (28 mm) dan port injeksi 10 mm jauh lebih besar dari sebelumnya (hanya 6 mm).

Teknologi ini bekerja ketika motor mencapai titik daya puncak, motor VVA memiliki dua input, perannya berbeda, input beroperasi dalam volute lebih rendah daripada daya puncak dan input lainnya beroperasi, ketika motor memasuki blok dukungan atas. Pengaruhnya disebabkan oleh peningkatan daya yang dihasilkan oleh mesin. Pada All New R15, pintu masuk putaran atas mulai beroperasi ketika mesin mencapai 7.400 rpm.

“Fungsi VVA hanya berfungsi untuk menggambarkan daya puncak paling stabil. Jika camshaft VVA yang begitu lambat dipindahkan menawarkan lebih banyak daya, maka kinerjanya lebih stabil,” kata Ridwan Arifin dari PT Yamaha Indonesia Motor training. Pabrikan (Yimm).

Fitur lain dari sepeda motor sport 150 cm3 generasi terbaru,

yang didistribusikan untuk pertama kali oleh Yamaha pada tahun 2014, adalah bantuan non-slip dan kopling. “Singkatnya, wizard kopling membuat perkawinan semudah pengendara motor merasa dalam kemacetan lalu lintas lebih nyaman.” Fungsi kopling selip adalah untuk mengurangi torsi-belakang selama perlambatan mesin sehingga mesin “tidak lepas saat pengereman,” kata Ridwan.

Yamaha All New R15 didukung oleh suspensi belakang mono-shock yang terintegrasi dengan aluminium swingarm. Suspensi depan terbalik memastikan getaran maksimum redaman dan mesin stabil saat menikung.

“Ukuran suspensi tabung New R15 yang sepenuhnya terbalik sesuai dengan Yamaha Xabre dengan 34 mm,”

Sepeda olahraga 150cc di Indonesia dihidupkan kembali oleh banyak pemain. Salah satunya adalah Yamaha R15. Sepeda motor Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) PT ini dapat menarik bagi konsumen Indonesia dengan berbagai keunggulan.

R15 akan diperbarui lagi tahun ini, yang membangkitkan minat para penggemarnya. Namun, R15 memiliki kerugian bagi para pesaingnya, tentu saja, tetapi tidak benar untuk berbicara tentang manfaatnya. Kali ini kami menjelaskan dua aspek ini secara rinci.

kekurangan

Harga Yamaha R15 adalah yang tertinggi di kategorinya, 35,3 juta rupee (OTR Jakarta). Perbedaannya jauh dari kompetisi, varian Suzuki GSX-R150 dari keyless ignition system (tanpa ABS), yang harganya hanya Rp 30,15 juta (OTR Jakarta). Demikian pula, varian standar Honda CBR150R tanpa biaya ABS 33,8 juta Rp. (OTR Jakarta).

Meski penuh fitur, Yamaha R15 tidak memiliki teknologi kunci kontak tanpa kunci. Fungsinya untuk mengaktifkan mesin tanpa kunci. Pengemudi hanya perlu mengunci tombol di remote control, lalu tekan dan putar tombol untuk mengaktifkan tombol mulai. Saat ini, motor sport kelas 150cc sudah dilengkapi dengan sistem pengapian keyless Suzuki GSX-R150 yang baru.

Juga fitur keselamatan dalam bentuk sistem pengereman anti-lock (ABS) tidak termasuk. Bahkan, para pesaingnya memiliki varian ABS, meski harganya lebih mahal. Fitur ini mungkin tidak wajib di Indonesia. Tapi untuk motor dengan performa olahraga seperti R15, sepertinya perlu. Masalahnya adalah pengereman lebih optimal dan memberikan kontrol yang baik ketika terjadi kecelakaan.

Kerugian lain adalah berat, yang sangat tergantung pada kompetisi. R15 baru memiliki berat 137 kg. Nilai ini 2 kg lebih berat dari pada Honda CBR150R dan 6 kg lebih berat dari Suzuki GSX-R150. Bobot ini sendiri memengaruhi kemampuan manuver ketika diminta bermanuver dan mengonsumsi bahan bakar.

Dengan demikian posisi duduk tertinggi mencapai 815 mm. Dibandingkan dengan pesaingnya CBR150R pada 787 mm dan GSX-R150 hanya 785 mm e. Ini berarti bahwa pengemudi yang tidak terlalu besar berpotensi menemukan kaki di jalan.

Dari segi tampilan, pilihan warna Yamaha R15 tersedia dalam empat pilihan: kuning, merah dan biru, di samping cat MotoGP. Pesaing Honda memiliki nomor yang sama: balapan hitam dan putih, kemenangan merah dan hitam, balapan merah dan MotoGP. Suzuki GSX-R150 menawarkan lebih banyak pilihan: Titanium Black, Stronger Red, Metallic Triton Blue, Brilliant White dan Solid Black.

Kelebihan

Di belakang beberapa kelemahan, All New R15 memiliki sejumlah fitur untuk meningkatkan kinerja mesin. Salah satunya adalah penggunaan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) dalam mesin 155 cc satu silinder. Teknologi ini membantu menjaga kinerja engine yang stabil dan bekerja secara optimal. Karena tenaga dan torsi diatur pada setiap putaran mesin. Di kelas motor sport, terutama 150 cc, hanya model R15 yang menggunakan teknologi katup variabel.

Yamaha juga menggunakan teknologi Cylinder Diasil (Aluminium Silicon) di R15. Inovasi berupa bahan aluminium dengan silikon untuk ruang bakar. Selain itu, piston palsu dimasukkan, yang berarti bahwa piston dirancang sebagai mesin piston balap dengan sistem penempaan. Keduanya memiliki keunggulan menjaga suhu mesin tetap dingin, lebih tahan aus, dan mengurangi bobot.

Keunggulan lainnya, pelepasan energi mekanik terbesar di kelasnya. Daya maksimum All New R15 adalah 19,3 ps pada 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Sedikit lebih besar dari Suzuki GSX-R150 dengan 19,2 tenaga kuda pada 10.500 rpm dan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm, tetapi jauh dari Honda CBR150R, yang memiliki tenaga maksimum 17,1 ps pada 9.000 rpm. min dan torsi 14,4 Nm pada 7000 rpm menghasilkan rpm

Mesin dibantu oleh fungsi bantuan dan selip kopling. Sebuah teknologi yang memfasilitasi kontrol pengemudi pada kopling. Berkat teknologi ini, kopling lebih ringan, sirkuit halus dan akselerasi lebih cepat.

Di atas semua itu, bagian depan Yamaha R15 terakhir sudah mengenakan kepala (USD) pada kaki. Penggunaannya meningkatkan aspek sporty dari R15. Selanjutnya, warna emas dipilih.

Dari segi kontrol, Yamaha Motorsport lebih stabil di sport 150cc. Ini didasarkan pada pitch 1,325 mm. Saat melaju kencang di kurva lebar, R15 bergerak merata.

Baca Lainnya:

Pengertian BUMS dan Contohnya Lengkap

Setting Anonytun Untuk Kuota Chat Media