Pengertian Hukum Permintaan Dan Penawaran

grosirproductchina.co.id – Dalam perekonomian, ada permintaan (penawaran) dan penawaran (offer), yang memenuhi dan membentuk titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (kuantitas barang). Dalam setiap perdagangan, permintaan, penawaran, harga dan kuantitas harus saling mempengaruhi.

Definisi / arti dari definisi permintaan dan penawaran

Aplikasi ini adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta dengan harga dan waktu tertentu. Istilah pengiriman mencakup serangkaian barang yang dijual atau ditawarkan dengan harga dan waktu tertentu.

Contoh aplikasi adalah pasar Kebayoran lama, yang berfungsi sebagai permintaan sementara pembeli dan penjual ditawarkan. Ketika transaksi terjadi antara pembeli dan penjual, mereka setuju bahwa transaksi akan dilakukan pada harga tertentu, yang bisa jadi merupakan hasil dari perdagangan yang sulit.

Hak aplikasi dan penawaran

Jika semua hipotesis diabaikan (ceteris paribus): Jika harga menjadi lebih murah, permintaan atau pembeli lebih besar dan sebaliknya. Jika harga lebih rendah / lebih murah, penawaran lebih rendah dan sebaliknya.

Semuanya terjadi karena semua orang ingin mendapatkan kepuasan (laba) maksimum yang mungkin dari harga. Jika harganya terlalu tinggi, pembeli bisa membeli sesuatu karena uangnya terbatas, tetapi untuk penjual yang mahal ia akan mencoba menambah barang yang dijual atau diproduksi, sehingga keuntungannya lebih tinggi. Harga tinggi juga dapat menyebabkan konsumen / pembeli untuk mencari produk lain, bukan yang mahal.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan

1. Perilaku konsumen / selera konsumen
Ponsel Blackberry saat ini sedang populer dan banyak yang membeli, tetapi di tahun-tahun mendatang blackberry dapat dianggap kuno.

2. Ketersediaan dan harga barang pengganti dan tambahan
Jika roti segar tidak tersedia atau harganya sangat mahal, Meises, selai, dan margarin kurang diminati.

3. Pendapatan / pendapatan konsumen
Orang-orang yang memiliki gaji besar dan tunjangan dapat membeli banyak barang yang mereka inginkan, tetapi jika penghasilan mereka rendah, seseorang dapat menghemat penggunaan barang yang mereka beli, sehingga mereka jarang membeli.

4. Estimasi harga di masa depan
Barang yang harganya cenderung naik akan diakumulasikan atau dibeli oleh orang-orang ketika harganya masih rendah. B. bahan bakar / bensin.

5. Jumlah / intensitas kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi menjadi gila, produk masker pelindung diperlukan. Di bulan puasa (Ramadhan), permintaan penghuni pertama, mentimun-suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dll. Ini sangat tinggi dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pada tingkat pasokan (terutama)

1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya produksi / pembuatan suatu produk sangat tinggi, produsen akan menghasilkan lebih sedikit produk dengan harga eceran yang mahal, karena ia mungkin takut bahwa ia tidak akan dapat bersaing dengan produk yang serupa dan tidak terjual. Dengan hadirnya teknologi canggih, biaya produksi dapat dikurangi, menyebabkan harga jatuh.

2. Tujuan bisnis
Perusahaan yang mencari untung maksimal (berorientasi laba) menjual produknya dengan margin laba yang tinggi, sehingga harga jualnya tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laku dan mendominasi pasar, perusahaan menetapkan harga rendah dengan tingkat keuntungan rendah, sehingga harga jual rendah untuk membangkitkan minat konsumen.

Biaya ke-3
Peningkatan pajak menyebabkan kenaikan harga jual, sehingga perusahaan menawarkan lebih sedikit produk karena penurunan permintaan konsumen.

4. Ketersediaan dan harga penggantian / barang tambahan
Jika produk kompetitif yang sebanding ditawarkan dengan harga pasar yang rendah, konsumen harus beralih ke produk yang lebih murah, yang akan mengurangi permintaan, yang pada akhirnya mengarah pada pengurangan pasokan.

5. Estimasi / harga diperkirakan di masa mendatang
Jika harga jual naik di masa depan, perusahaan akan bersiap untuk meningkatkan produksi dengan harapan akan dapat menawarkan atau menjual lebih banyak dengan kenaikan harga yang berbeda.

Sumber: https://www.masterpendidikan.com/2015/10/pengertian-hukum-permintaan-dan-hukum-penawaran-lengkap.html

Baca Artikel Lainnya:

Cara Pembuatan Magnet Dengan Mudah

Manfaat Mengkonsumsi Buah Manggis