Pengertian umum manajemen dan Contohnya

Pengertian umum manajemen dan Contohnya

Apa itu manajemen? Memahami Manajemen adalah proses pengorganisasian sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan bekerja bersama untuk menggunakan sumber daya yang mereka miliki.

Secara etimologis kata manajemen diambil dari bahasa Prancis kuno, yaitu manajemen, yang berarti seni dalam organisasi dan implementasi. Manajemen juga dapat didefinisikan sebagai upaya untuk merencanakan, mengoordinasikan, mengatur dan mengendalikan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.

Dalam hal ini adalah efektif untuk mencapai tujuan berdasarkan perencanaan dan efisien untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan terorganisir.

Menurut T. Hani Handoko, ada tiga alasan utama mengapa manajemen diperlukan:

Manajemen diperlukan untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi
Selain itu, manajemen juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran dan kegiatan, yang bertentangan antara mereka yang memiliki kepentingan dalam organisasi.
Manajemen diperlukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kerja organisasi

Organisasi yang berkembang membutuhkan manajemen dalam beberapa cara; termasuk manajemen strategis, manajemen sumber daya manusia, produksi, pemasaran dan manajemen lainnya.


Pemahaman ahli manajemen

Beberapa ahli dalam ilmu manajemen menjelaskan apa arti manajemen. Kita bisa menjadikan pendapat pakar ini sebagai dasar untuk pemahaman yang lebih baik tentang ilmu manajemen.

Di bawah ini adalah definisi manajemen menurut para ahli:
1. Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet, memahami manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer memiliki tugas mengelola dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
2. George R. Terry

Menurut George Robert Terry, pengertian manajemen adalah proses khas yang terdiri dari tindakan yang berbeda; perencanaan, pengorganisasian, mobilisasi dan pemantauan.

Semua ini dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan atau sasaran yang ingin dicapai dengan menggunakan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
3. Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, pengertian manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, koordinasi dan pengendalian / pengendalian sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
4. Ricky W. Griffin

Menurut Ricky W. Griffin, pengertian manajemen adalah proses perencanaan, proses organisasi, proses koordinasi dan proses mengendalikan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Efektif berarti tujuan dapat dicapai berdasarkan rencana, sedangkan efisiensi berarti bahwa kegiatan dilakukan dengan benar, terorganisir, dan diselesaikan sesuai dengan program.
3. Lawrence A. Appley

Menurut Lawrence A. Appley, arti manajemen adalah keterampilan yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.
5. Oey Liang Lee

Menurut Oey Liang Lee, gagasan manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
6. Hilman

Menurut Hilman, pengertian manajemen adalah fungsi untuk mencapai tujuan melalui intermediasi kegiatan orang lain dan untuk mengawasi upaya masing-masing individu untuk mencapai tujuan yang sama.
7. Dr. Ahuja

Menurut dr. Ahujae, pengertian manajemen adalah pihak-pihak yang menawarkan / menyediakan layanan untuk bidang yang terkait dengan manajemen.
8. Renville Siagian

Menurut Renville Siagian, definisi Manajemen adalah salah satu sektor bisnis yang bergerak dalam layanan yang dikelola oleh para ahli dan pakar terlatih.
9. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Menurut dr. Bennett N.B Silalahi, M.A, pengertian manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial yang tepat bukan tanggung jawab untuk keselamatan dan kesehatan di tempat kerja, atau dalam hal perencanaan.
10. James A.F.Stoner

Menurut James AF Stoner, gagasan manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi, serta penggunaan sumber daya yang tersedia dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh organisasi terlebih dahulu.

Sumber : https://materibelajar.co.id/