Tips Dan Trik Cara Membawakan Sebuah Acara

grosirproductchina.co.id – MC, moderator atau moderator adalah “pendongeng” dari suatu peristiwa. Seorang moderator menghubungkan setiap aktor ke acara tersebut tanpa harus mencuri lampu depan seseorang. Semua orang dengan kepemimpinan dan kepercayaan diri dapat menjadi tamu jika mereka dilatih dan direncanakan dengan baik.

bagian 1

Penelitian acara

Temui penyelenggara acara untuk meninjau semua informasi yang perlu disajikan. Terkadang seseorang dari penyelenggara bertindak sebagai tuan rumah.

Berbicara langsung dengan masing-masing aktor. Tanyakan apakah mereka membutuhkan pengantar yang jelas atau berbeda. Mintalah nama mereka jika Anda kesulitan menjelaskannya, jadi Anda tidak salah di atas panggung sesudahnya.

Temukan orang, grup, atau tamu istimewa yang harus Anda hadirkan.

Cari di Internet untuk informasi tentang orang atau grup, dengakan musik (jika itu adalah musisi), baca blognya atau tulisannya dan minta resume darinya. Anda harus dapat mempresentasikan orang tersebut sambil mendiskusikan beberapa hal tentang mereka (jelas tanpa memberikan informasi yang salah).

Tanyakan apakah ada topik di acara yang tabu dan sensitif. Jika Anda mengelola satu atau dua hal rumit dalam acara tersebut, Anda dapat melakukan program dengan baik.

Temukan atau publikasikan topik acara. Sebuah tema menghubungkan setiap perkenalan Anda dengan tuan rumah dan meningkatkan keberhasilan acara Anda.

Tulis atau tulis presentasi yang perlu Anda komunikasikan. Jangan berimprovisasi terlalu banyak, atau Anda dapat melakukan sesuatu yang salah atau terlalu lama. Aturan dasar berikut dapat dipatuhi ketika mendaftarkan naskah Anda:
Jangan gunakan lelucon tersegmentasi. Jika tidak semua orang memahaminya, Anda seharusnya tidak menggunakannya.
Jangan gunakan kata-kata kasar atau stereotip. Jika Anda tidak bisa mengatakan kalimat tanpa menghina orang lain, lebih baik tidak bercanda sama sekali.
Hindari berlebihan ketika mencoba untuk memperkenalkan atau menjelaskan aktor. Jangan terlalu banyak bicara seperti “Ini yang terbaik ____”. Katakan hal yang benar seperti “Dia memenangkan hadiah ____ selama tiga tahun berturut-turut”. Biarkan CV dan kinerja orang tersebut menentukan kualitas.
Pastikan skrip Anda sesingkat mungkin, tetapi solid.
Masukkan durasi atau waktu presentasi yang sama untuk setiap aktor.
Bersiap untuk H-Day

Pastikan Anda berada di kantor beberapa jam sebelumnya. Mereka membutuhkan waktu untuk merasa nyaman, untuk mengenali tata letak ruangan dan panggung dan untuk berlatih atau mencoba. Anda adalah wakil atau wajah acara, jadi Anda harus merasa nyaman dengan acara dan posisinya seolah-olah itu adalah rumah Anda. [2]

Periksa kesiapan di atas panggung dari audio, cahaya, mikrofon,

dan alat bantu visual lainnya setidaknya satu jam sebelum tamu atau peserta Anda tiba. Pastikan bahwa dalam program Anda ada orang-orang yang berurusan dengan fase audio dan video dan dapat menangani masalah yang mungkin timbul.

Cari tahu bagaimana merespons situasi darurat. Anda adalah “tamu” dari acara tersebut. Jadi, Anda perlu tahu apa yang harus dilakukan ketika sesuatu muncul.

Periksa jadwal sebelum acara dimulai. Jika tidak ada yang dapat berpartisipasi, Anda perlu mengubah program atau bahkan teks. Kemudian konfirmasikan urutan dan konten program lagi.

Pakailah pakaian yang cocok. Nasihat dasar ini sangat penting bagi seorang moderator, karena ia harus menjaga perasaan acara tersebut. Cari tahu apakah acara yang perlu Anda bawa bersifat formal, semi formal atau profesional, tetapi santai. Jika Anda sudah tahu perasaan pertunjukan, kenakan pakaian yang sesuai.

Sumber: https://www.berpendidikan.com/2015/11/cara-membawakan-acara-dan-contoh-teks-pembawa-acara-mc.html

Baca Artikel Lainnya:

10 khasiat Dan Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Pengertian Nilai Sosial dan Macamnya